FRANCHISE YANG BAGUS

Kriteria Yang Bagus Saat Memilih Franchise

Franchise menjamur ! yupp tepat sekali. saat ini bisnis franchise sudah menjamur  , masyarakat dengan mudahnya membuat bisnis franhise. untungnya pemerintah sudah memahami tentang hal ini. lalu apa saja yang perlu kita perhatikan ?? ingat bahwa franchise semakin murah , maka  semakin jauh kualitasnya. karena bagi franchise yang sudah berpengalaman tidak akan menjual franchisenya dengan murah, karena pengalaman dan pelaharan tidaklah murah harganya. mari kita bahas bagaimana franchise yang baik itu.

KRITERIA WARALABA YANG BAIK.

Sesuai dengan peraturan pemerintah berikut 6 kriterian waralaba yang baik yang harus dimiliki oleh waralaba sesuai dengan PP No. 42 Tahun 2007, yaitu:

  1. Memiliki identitas dan ciri khusus. franchise selalu memiliki identitas dan produk yang berciri khas.dan anda tidak bisa menemuinya di pasar umum. contoh : bisnis franchise “A” adalah minuman coklat. anda peminat investasi franchise perlu dengan kritis menilai produknya, apakah produk yang di jual dapat di temukan di pasaran umum dengan mudah ? contohnya minuman coklat pop ice lalu di branding lagi dengan kemasan lain. jika anda percaya dan anda mulai berinvestasi , selamat anda sudah membantu franchisor yang melakukan rebranding produk .
  2. Terbukti memberikan keuntungan. Ini dimaksudkan bahwa franchisor / pemberi waralaba sudah berjalan kurang lebih 5 tahun atau terbukti memberikan keuntungan dan terus mengalami kemajuan. Sehingga pemberi waralaba sudah mempunyai kiat-kiat khusus dalam menyikapi berbagai permasalahan dalam perjalanan usaha sehingga tetap bertahan dan terus berkembang.
  3. Memiliki standar baik. Standar ini berupa pelayanan dan barang yang ditawarkan dibuat secara tertulis supaya penerima waralaba dapat bekerja sesuai dengan standar operasional kerja pemberi waralaba. Sehingga kualitas pelayanan dan barang tetap terjamin dengan baik.
  4. Mudah untuk diduplikasi. Kemudahan duplikasi yang dimaksud yaitu berupa cara pelaksanaan dan proses pembelajarannya. Jadi setiap penerima waralaba yang belum mempunyai pengalaman mengenai usaha sejenis dapat menjalankan dengan mudah sesuai dengan arahan dan bimbingan pemberi waralaba.
  5. Adanya dukungan berkesinambungan. Dukungan ini untuk membantu pengembangan bisnis penerima waralaba secara terus-menerus seperti pelatihan, operasional dan cara promosi.
  6. Hak dan Kekayaan Intelektual sudah terdaftar. Hak kekayaan intelektual ini beruba merk dagang, hak cipta, hak paten, rahasia dagang sudah didaftarkan dan bersertifikat.

Tidak hanya franchise murah. saat ini banyak franchise menawarkan franchise minuman atau franchise makanan murah . namun anda perlu kritis , layaknya sebuah handphone . adakah handphone dengan kualitas baik menjual produk mereka dengan harga murah? murah pasti ada, karena persaingan harga, maka kamu perlu kritis dalam memilih. Mari kita bantu Indonesia dengan produk franchise yang memang berkualitas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s